Refleksi Diri

Berikut adalah beberapa kutipan mengenai refleksi diri (yang ditujukan pada diri saya sendiri) yang sebelumnya sudah saya tuliskan di status Twitter pribadi saya. Semoga juga bermanfaat bagi siapa saja yang membaca beberapa kutipan di bawah ini. Selamat membaca!

  1. Tembuslah ilmu layaknya kau mengarungi laut yang membentang luas, yang terus mengalir lembut dan yang menenangkan hati.
  2. Sebanyak ilmu yang telah kau pelajari dengan baik, benar dan ikhlas mungkin tidak akan pernah cukup kau tembus untuk menyelami makna kehidupan.
  3. Meskipun ilmu tidak pernah terbatas, tetapi tetap pelajari dan perluaslah itu sebaik mungkin dengan niat yang lurus.
  4. Jaga pula ilmumu, amalkan dan bagikan, supaya terus mengalir. Karena sesungguhnya ilmu itu bagaikan air.
  5. Layaknya air, ilmu bisa disentuh tapi tidak pernah bisa dipegang. Perlakukanlah dengan sebijaksana mungkin.
  6. Amalkan dan bagikan! Setiap mengalir kejernihannya akan terus terjaga, membasahi kekeringan, menyuburkan dan pula menyegarkan.
  7. Jangan sampai kau perlakukan itu menjadi beku, padat dan keras layaknya daratan yang kau injak ini.
  8. Dengan beku dan padat maka ilmu akan tidak berkembang, terbatasi dan bahkan terkikis layaknya daratan ini.
  9. Selain keras, ilmu juga akan semakin sempit layaknya daratan yang terbatasi, terhimpit dan terkikis oleh (gelombang) laut.
  10. Setulus niatmu untuk mengamalkan dan berbagi, pasti akan ada yang meremehkan dan membencimu. Tapi tetap luruslah hatimu.
  11. Percayalah bahwa Tuhan akan selalu menolong hamba-hambanya yang melakukan setiap kebaikan, sekecil apapun kebaikan itu.

via – http://www.twitter.com/ulummuhammad

Leave a Comment